Previous Next

DAFTAR BERITA

BERITA SEPUTAR UNIVERSITAS

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALUKU GELAR PENDAMPINGAN FINALISASI DOKUMEN AKADEMIK DAN MUTU

2022-03-05 23:13:12 Humas

Universitas Muhammadiyah Maluku: Gelar kegiatan Pendampingan Finalisasi Dokumen Akademik dan Mutu, kegiatan ini bertujuan untuk melihat kembali dokumen-dokumen mutu yang sudah disusun dan kemudian di finalisasikan bersama dengan tim pendampingan dari Universitas Muhammadiyah Yogyakrta.

Kegiatan ini melibatkan Ketua dan Sekretaris Prodi dan Dosen pada 5 (lima) Program Studi yang ada di Universitas Muhammadiyah Maluku.

Kegiatan ini di buka langsung oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku Dr. Mohdar Yanlua, MH. Kegiatan ini menghadirkan dua orang tim pendamping dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk mendampingi UNIMKU dalam penyusunan dokumen akademik dan mutu seperti renstra, dan kurikulum untuk sampai pada tahap finalisasi. Kegiatan ini di laksanakan pada tanggal 1-5 Maret 2022 di Aula SD Muhammadiyah Ambon.

Dalam sambutannya, Yanlua mengungkapkan rasa terima kasih kepada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang telah mendatangkan dua orang tenaga untuk mendampingi UNIMKU dalam menyusun dokumen mutu di antaranya adalah mereka melihat kembali susunan kurikulum kita dan sekaligus mendampingi kita dalam menyusun renstra prodi, dua kegiatan ini semoga akan menjadi satu amal kepada kita dan amal ibadah buat keduanya sekaligus untuk Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Ungkap Yanlua.

Selanjutnya, Yanlua juga menyampaikan bahwa kedua pendamping yang ada di hadapan kita merupakan Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) dan background mereka adalah pendidikan, Ungkap Yanlua.

Kemudian, Yanlua juga berharap kepada tim pendamping selain kedua kegiatan ini selasai agar mereka juga bisa mendampingi kita dalam dokumen manual mutu dan kebijakan mutu, kita sudah susun 31 standar berdasarkan PTMA kita gunakan pedoman dari majelis dikti. Tutup Yanlua.

Sementara itu dari tim pendamping dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Dr. Nuryakin, SE., MM. menyampaikan ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan Pertama salam dari Prof. Nurmandi yang kebetulan hari ini belum sempat hadir, dan kali ini kami menginjakan kaki di sini, di Universitas Muhammadiyah Malukudan biasanya kami setiap bulan dua kali ke wilayah dan Alhamdulillah baru kali ini ke Ambon, Maluku, jadi di Wilayah Sulawesi itu mulai dari Bulukumba, Sidrap, Bone, Parepare, Palopo sudah kami jelajahi dalam arti untuk membantu mengenai dokumen mutu dan kurikulum dan ini semua ujungnya adalah akreditasi, jadi kalau di tempat kami (UMY) itu Prof. Nurmandy sama Pak Rektor menyampaikan kepada kami kalau prodi sampai akreditasi baik atau b, c kamu masuk neraka yang masuk neraka pertama adalah Kaprodinya, ungkap Nur,

Kemudian yang Kedua Sistem akreditasi sekarang sudah berbeda dengan sistem akreditasi yang sebelumnya, kebetulan saya sendiri di badan penjaminan mutu jadi dapurnya perguruan tinggi itu bisa di lihat audit mutu internalnya, Ungkap Nur,

“Sistem penjaminan mutu internal itu menjadi tolak ukur pertama dalam proses akreditasi, saat ini kita mulai dituntut oleh 8 Indikator Utama yang kemudian sudah di tambah satu jadi 9 yaitu bela negara, maka dari itu dalam kegiatan  ini di bagi dua tim pertama Evaluasi Penyelesaian Kurikulum OBE beserta RPS-nya, kemudian yang kedua menyusun, mereviuw renstra, audit mutu internal, menyusun laporan evaluasi diri itu nanti di pakai sebagai persyaratan akreditasi”. Tutup Nur. (Humas)