Previous Next

DAFTAR BERITA

BERITA SEPUTAR UNIVERSITAS

BAITUL ARQAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALUKU

2021-11-30 07:52:18 Humas

Universitas Muhammadiyah Maluku: Lembaga Pengkajian Al Islam dan Kemuhammadiyahan (LPAIK) Universitas Muhammadiyah Maluku (UNIMKU) menyelegarakan Baitul Arqam untuk tenaga  pendidik dan kependidikan  yang dilaksanakan sejak  22 hingga 24 Oktober 2021 di gedung Aulah SMK Muhammadiyah Ambon,  merupakan kegiatan yang bertujuan membentuk pemahaman ideologi Muhammadiyah dan Keislaman. Baitul Arqam dengan tema, ’’Mewujudkan Kampus Islami, Terpercaya dan Unggul,’’. Acara ini diikuti oleh seluruh tenaga pendidik dan kependidikan, termasuk Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan (FKIP) dan Dekan Fakultas Perikanan dan Kehutanan (FPK) turut serta dalam kegiatan dimaksud.

Baitul Arqam adalah suatu bentuk pembinaan di Muhammadiyah yang berorentasi pada pembentukan ideologi Keislaman dan  Kemuhammadiyahan. Baitul Arqam  diambil dari salah satu nama sahabat Nabi Muhammad Saw yang bernama  Arqam Bin Arqam,  yang pada waktu itu rumahnya di jadikan pos/base camp dakwah Rasulullah Saw. Tujuan kegiatan Baitul Arqam adalah untuk meningkatkan pemahaman keislaman, menciptakan kesamaan dan kesatuan sikap, integritas, wawasan dan cara berpikir dikalangan tenaga pendidik dan kependidikan dalam melaksanakan misi Muhammadiyah.

Kegiatan Baitul Arqam di selenggarakan untuk dapat lebih memahami hakikat Muhammadiyah yaitu Islam, mempelajari Muhammadiyah berarti mempelajari Islam. Muhammadiyah adalah gerakan Islam yang melaksanakan dakwah dan tajdid untuk terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar benarnya. Sebagai gerakan dakwah Muhamnmadiyah mengajak umat manusia untuk memeluk agama Islam (dakwah lila al-khair), menyuruh pada yang mahruf (al am bi al-ma’ruf), dan mencegah dari yang munkar (al nahy an almunkar) dalam Alqur’an surat Al imran: 104.

Acara ini dibuka langsung oleh  Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku Dr. Mohdar Yanlua, MH, turut hadir Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Maluku Drs. Abdul Haji Latua.

Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku (UNIMKU) Dr. Mohdar Yanlua, MH dalam sambutan bahwa Baitul Arqam adalah sarana pengkaderan dalam pembinaan idiologi  Al Islam dan Kemuhammadiyahan untuk tenaga pendidik dan kependidikan Universitas Muhammadiyah Maluku dilakukan secara rutin setiap tahun dilaksanakan, karena tidak lain dan tidak bukan adalah sebagai penyatuan pemahaman mengenai Al Islam dan Kemuhammadiyahan. "Ungkap Yanlua".

Baitul Arqam dalam Amanah Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Maluku, Drs Abdul Haji Latua, dalam sambutannya bahwa seluruh Amal Usaha (AUM) dari tingkat Paud sampai perguruan tinggi wajib mengikuti pengkaderan Baitul Arqam, Apalagi Universitas Muhammadiyah Maluku (UNIMKU) sebagai salah satu perguruan tinggi yang baru terlahir di Maluku, sehingga Baitul Arqam dilaksanakan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Maluku untuk pembinaan tenaga pendidik dan kependidikan sebagai kader persyarikatan Muhammadiyah. “Ungkap Latua”.

Narasumber Baitul Arqam Universitas Muhammadiyah Maluku dilaksanakan selama tiga hari diantaranya Drs. Abdul Haji Latua (Ketua PW Muhammadiyah Maluku), Dr. Mohdar Yanlua, MH. (Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku), Ir. Majid Makassar, (Mantan Ketua PW Muhammadiyah Maluku), Dr. Muhammad Thaib Husnouw, M. Ag. (Sekertaris Majelis Tarjih dan Tajdid PW Muhammadiyah Maluku,  Dra. Aisyah Manilet, M.Ag. (Ketua PW Aisyiyah Maluku), Ummu Saida, M. Pd.I., Yusuf Laisouw, M. SI.,  Nufus Hayati, MA. Pd.I. Borut